Media pembelajaran yang beraneka
ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam
kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan
pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat,
maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah
pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik
dalam memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni 1)
ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan
pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam
menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan
taraf berfikir anak. Sepadan dengan hal itu I Nyoman Sudana Degeng (1993;
26-27) menyatakan bahwa ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan
guru/pendidik dalam memilih media pembelajaran, yaitu: 1) tujuan instruksional;
2) keefektifan; 3) siswa; 4) ketersediaan; 5) biaya pengadaan; 6) kualitas
teknis. Selanjutnya menurut Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992/1993: 67-68)
kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu: 1) tujuan; 2)
karakteristik siswa; 3) alokasi waktu; 4) ketersediaan; 5) efektivitas; 6)
kompatibilitas; dan 7) biaya.
Selasa, 26 Juni 2012
Rabu, 13 Juni 2012
Makalah Komputer dan Media Pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam
pembelajaran dewasa ini, pendidik perlu memperhatikan betul kemampuan dan
kreativitasnya dalam memanfaatkan teknologi yang ada. Karena pada kenyataanya
masih banyak pendidik yang belum dapat memaksimalkan penggunaan media ataupun
teknologi yang ada, sehingga penggunaan dari media atau teknologi tersebut
dalam pembelajaran dapat maksimal dan berguna sesuai dengan kecanggihan dari
teknologi tersebut dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri.
Salah satu
teknologi canggih dan banyak digunakan saat ini dalam pendidikan adalah
computer. Dimana computer menjadi media dan sumber belajar serta media
interaksi siswa dengan guru dalam belajar. Penggunaan computer dalam
pembelajaraan banyak digunakan namun dalam penerapanya belum banyak guru yang
memahami dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan penuh atau optimal.
komputer sebagai teknologi dan media pembelajaran interaktif guru dengan siswa,
mampu menjadikan siswa lebih aktif, kreatif, belajar menyenangkan, tidak membosankan,
dan meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga diperlukan keberadaanya untuk
lebih menunjang dalam pembentukan individu yang aktif, berwawasan dan mengikuti
perkembangan jaman.
Langganan:
Postingan (Atom)