Media pembelajaran yang beraneka
ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam
kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan
pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat,
maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah
pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik
dalam memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni 1)
ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan
pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam
menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan
taraf berfikir anak. Sepadan dengan hal itu I Nyoman Sudana Degeng (1993;
26-27) menyatakan bahwa ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan
guru/pendidik dalam memilih media pembelajaran, yaitu: 1) tujuan instruksional;
2) keefektifan; 3) siswa; 4) ketersediaan; 5) biaya pengadaan; 6) kualitas
teknis. Selanjutnya menurut Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992/1993: 67-68)
kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu: 1) tujuan; 2)
karakteristik siswa; 3) alokasi waktu; 4) ketersediaan; 5) efektivitas; 6)
kompatibilitas; dan 7) biaya.
Berkaitan dengan pemilihan media
ini, Azhar Arsyad (1997: 76-77) menyatakan bahwa kriteria memilih media yaitu:
1) sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai;
2) tepat untuk mendukung isi
pelajaran;
3) praktis, luwes, dan tahan;
4) guru terampil menggunakannya;
5) pengelompokan sasaran; dan
6) mutu teknis.
Selanjutnya Brown, Lewis, dan
Harcleroad (1983: 76-77) menyatakan bahwa dalam memilih media perlu
mempertimbangkan kriteria sebagai berikut: 1) content; 2) purposes; 3) appropriatness;
4) cost; 5) technical quality; 6) circumstances of uses; 7) learner
verification, and 8) validation.
Dari beberapa pendapat di atas,
dapat ditegaskan bahwa pada prinsipnya pendapat-pendapat tersebut memiliki
kesamaan dan saling melengkapi. Selanjutnya menurut hemat penulis yang perlu
dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan,
peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan
kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia. Untuk
memperoleh gambaran yang jelas tentang hal ini akan diuraikan sebagai berikut:
Tujuan pembelajaran. Media hendaknya dipilih yang dapat menunjang pencapaian
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya, mungkin ada sejumlah
alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin
pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian
karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan
digunakan. Keefektifan. Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih, mana
yang dianggap paling efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Peserta didik. Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan ketika kita memilih
media pembelajaran berkait dengan peserta didik, seperti: apakah media yang
dipilih sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik, baik itu
kemampuan/taraf berpikirnya, pengalamannya, menarik tidaknya media pembelajaran
bagi peserta didik? Digunakan untuk peserta didik kelas dan jenjang pendidikan
yang mana? Apakah untuk belajar secara individual, kelompok kecil, atau
kelompok besar/kelas? Berapa jumlah peserta didiknya? Di mana lokasinya?
Bagaimana gaya belajarnya? Untuk kegiatan tatap muka atau jarak jauh?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dipertimbangkan ketika memilih dan
menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan. Apakah media yang
diperlukan itu sudah tersedia? Kalu belum, apakah media itu dapat diperoleh
dengan mudah? Untuk tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat
diambil yaitu membuat sendiri, membuat bersama-sama dengan peserta didik,
meminjam menyewa, membeli dan mungkin bantuan. Kualitas teknis. Apakah media
media yang dipilih itu kualitas baik? Apakah memenuhi syarat sebagai media
pendidikan? Bagaimana keadaan daya tahan media yang dipilih itu? Biaya
pengadaan. Bila memerlukan biaya untuk pengadaan media, apakah tersedia biaya
untuk itu? Apakah yang dikeluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil
penggunaannya? Adakah media lain yang mungkin lebih murah, tetapi memiliki
keefektifan setara? Fleksibilitas (lentur), dan kenyamanan media. Dalam memilih
media harus dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam
berbagai situasi dan pada saat digunakan tidak berbahaya. Kemampuan orang yang
menggunakannya. Betapapun tingginya nilai kegunaan media, tidak akan memberi
manfaat yang banyak bagi orang yang tidak mampu menggunakannya. Alokasi waktu,
waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap
penggunaan media pembelajaran. Untuk itu ketika memilih media pembelajaran kita
dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti; apakah dengan waktu yang tersedia
cukup untuk pengadaan media, apakah waktu yang tersedia juga cukup untuk
penggunaannya.
Referensi :
- Azar Arsyad.
(1997). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Basuki Wibawa
dan Farida Mukti. (1992/1993). Media Pengajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan
Tenaga Kependidikan Dikti Dipdikbud.
- Brown, James
W, Lewis Robert B, and Harcleroad, Fred F. (1983). AV Instructional:
Technology, Media, and Method. New York: Mc. Graw-Hill Book Company.
- Degeng, I
Nyoman Sudana. (1993) Media Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
- Nana Sudjana
dan Ahmad Rivai. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar